KODE IKLAN DFP 1 [PilGub Jabar] - Demiz Terpopuler, Emil Elektabilitas Tertinggi | DUNIA BERITA

IKLAN

[PilGub Jabar] - Demiz Terpopuler, Emil Elektabilitas Tertinggi

KODE IKLAN 200x200
[PilGub Jabar] - Demiz Terpopuler, Emil Elektabilitas Tertinggi
[PilGub Jabar] - Demiz Terpopuler, Emil Elektabilitas Tertinggi

Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Deddy Mizwar menjadi tokoh publik dan tokoh politik di Jabar yang memiliki popularitas paling tinggi dibanding tokoh lainnya. Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Indonesia Strategic Institute (Instrat), sebuah lembaga pengkajian pada isu-isu strategis, politik dan sosial humaniora.

Direktur eksekutif Instrat Jalu Pradhono Priambodo mengatakan, pihaknya telah melakukan serangkaian survei untuk memotret seputaran persepsi publik terhadap kepemimpinan Jabar untuk masa yang akan datang. Survei dilakukan pada rentang waktu 24-28 November 2016, dengan menyasar 1.600 responden yang minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Survei dilakukan melalui teknik wawancara face to face atau bertatap muka berbasis kuisioner terstruktur yang dipegang pewawancara. Pengacakan responden menggunakan teknik multistage random sampling dan pengambilan sampel dibuat proporsional hingga tingkat kabupaten/kota.

Baca juga : Heboh!!!.... Gus Sholah Ungkap Hasil Keputusan NU 1999 Melarang Pilih Pemimpin Non-Muslim

Total desa yang disurvei sebanyak 253 desa tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat. Adapun margin of error pada survei ini 2,49%. Pembiayaan survei ini dilakukan dengan mengalokasiman anggaran internal Instrat.

"Dari preferensi calon gubernur dan calon wakil gubernur mendatang, Deddy Mizwar menjadi tokoh yang menempati tingkat popularitas teratas dengan 94%," ujar Jalu, di sela-sela kegiatan Diskusi Publik dengan tema "Masa Depan Panggung Kepemimpinan di Jawa Barat", di Hotel Mitra Jalan WR Supratman Bandung, belum lama ini.

Di bawah Deddy Mizwar, terdapat dua tokoh lainnya yang juga memiliki tingkat kepopuleran cukup tinggi yaitu mantan Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf dengan tingkat popularitas 89,7% dan Desy Ratnasari dengan tingkat popularitas 86,9%.

Hanya saja, dari segi elektabilitas (tingkat keterpilihan), Deddy Mizwar masih berada di bawah nama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Ridwan Kamil berhasil menjadi top of mind masyarakat Jawa Barat bila dikaitkan sebagai bakal kandidat gubernur Jawa Barat  periode mendatang.

Baca juga : Iwan Fals Bikin Polling Putaran ke-2 Pilgub DKI. Hasilnya mengejutkan

Dijelaskan Jalu, Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tertinggi bila mencalonkan diri jadi bakal calon gubernur Jawa Barat dengan 35,1%, disusul Deddy Mizwar 17,4% dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di posisi ketiga dengan 10,9%.

Bahkan ketiga tokoh ini juga menempati tiga posisi teratas sebagai tokoh yang dianggap layak maju sebagai cagub Jabar periode mendatang. Berdasarkan hasil survei kelayakan ketiga tokoh itu, sambung dia, Ridwan dianggap layak dengan angka kelayakan 58,9%. Sedangkan Deddy Mizwar di posisi kedua dengan angka 53,8% serta Dedi Mulyadi 38,7%.

"Artinya kedua tokoh ini (Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar) dianggap paling layak maju sebagai calon gubernur. Ridwan Kamil unggul tipis dari segi kelayakan. Tapi jangan lupa, ini masih ada waktu satu setengah tahun lagi. Semuanya masih bisa berubah," ujar Jalu.

Di samping itu, selain memiliki modal popularitas tinggi, Deddy Mizwar dinilai akan mampu menyaingi bahkan menyalip elektabilitas Emil karena Deddy Mizwar memiliki banyak karakter yang disukai masyarakat.  

Ia menyebutkan, berdasarkan hasil survei, Deddy Mizwar dipersepsikan masyarakat sebagai sosok yang jujur/dapat dipercaya, bersih, religius, bijaksana dan sosok yang disukai publik.

Sedangkan Ridwan Kamil hanya memiliki satu karaktrer persepsi di mata masyarakat. Ia hanya dipersepsikan sebagai sosok yang muda dan berprestasi. 

Ridwan tidak memiliki persepsi lain seperti jujur dan bersih. Begitu pun dengan Dedi Mulyadi yang hanya dipersepsikan masyarakat sebagai sosok yang merakyat. Namun Dedi tidak dipersepsikan memiliki karakter kuat lainnya.

Baca juga : Menang Telak !!...Survey Anies-Sandi Kalahkan Ahok-Djarot di Putaran Kedua

"Ketika dibandingkan antarmasing-masing calon, Deddy Mizwar memiliki banyak keunggulan di banyak karakter. Tapi bila pilkada diadakan hari ini, Ridwan Kamil berpotensi unggul. Tapi politik itu dinamis, masih ada waktu bagi semua calon," ungkapnya. 


KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==
Selamat Datang KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2